Sejarah awal mula Laptop dan Netbook

Diposkan oleh Ferry DeV Hermansyah on Kamis, 08 November 2012

Update kali ini saya ingin berbagi lagi tentang sejarah awal mula laptop dan netbook. Seperti kita ketahui dewasa ini masyarakat di indonesia sudah semakin maju dan sadar akan perkembangan teknologi. Terlihat dari orang yang banyak menggunakan laptop atau netbook, meskipun ada di antara mereka yang hanya sebagai gaya saja, tetapi banyak juga yang bisa memanfaatkan secara maksimal tentang fungsi dari laptop dan netbook itu sendiri. Berikut ini saya ingin berbagi tentang sejarah laptop dan netbook.

Sejarah Laptop
Laptop mulai menjadi pembicaraan serius dikalangan para produsen dan desain PC pada awal 1070-an, ketik komputer pribadi yang portable diangkat ke permukaan. Sebuah “personel, portable information manipulator” yang dibayangkan oleh Alan Key di Xerox PARC pada tahun 1985, dan dijelaskan pada tahun 1972 dalam makalahnya yaitu “Dynabook”. Proyek IMB SCAMP yaitu Special Computer APL Machine Portable telah didemonstrasikan pada tahun 1973. Prototipe ini didasarkan pada processor PALM (Put All Logic In Microcode). IBM 5100, komputer portable pertama yang tersedia secara komersial, muncul pada bulan September 1975, dan didasarkan pada prototipe SCAMP. 

Komputer portable pertama yang memiliki mesin CPU 8 bit ini kemudian diterima secara luas dan jumlahnya semakin meningkat. Osborne 1, yang dirilis pada tahun 1981, menggunakan zilog Z80 dan beratnya 10,7kg itupun belum termasuk baterai. Layar CRT hanya 5 Inch atau 13 cm, dan menggunakan  5,26 inci single density floppy drive. 
Pada tahun yang sama komputer laptop berukuran portable pertama, Epson HX 20, diumumkan. Epson memiliki layar LCD, baterai isi ulang, dan sebuah printer kalkulator ukuran 1,6 kg. Laptop pertama yang menggunakan flip form factor muncul pada awal tahun 1980-an. 

Magnum Dulmont dirilis di Australia pada tahun 1981 – 1982 tapi dipasarkan secara global sampai pada tahun 1984 – 1985. Beberapa CPU yang digunakan antaranya adalah Inter 1990 i386SL, dirancang untuk menggunakan daya minimum untuk meningkatkan dataya hidup baterai komputer portable, dan didukung oleh manajemen daya dinamis seperti Intel SpeedStep dan AMD PowerNow dalam beberapa desain. Perkembangan teknologi komputer telah banyak membawa perubahan pada komputer portable atau laptop ini. Desain yang semakin ramping, bobot yang semakin ringan dan kemampuan menghemat daya menjadi bagian terpenting dalam perkembangan laptop berikutnya. Laptop yang seperti kita lihat saat ini memiliki desain yang sangt tipis, bobot yang sangat ringan, tampilan layar yang besar serta kemampuan kinerja yang super canggih ditambah  lagi kemampuan harddisk dalam menyimpan data yang lebih banyak. Maka kemudian penggunaan laptop pun menjadi sebuah tren baru ditengah-tengah pengguna komputer desktop. 

Sejarah Netbook
Merujuk ke tante wiki Asal mula netbook dapat ditelusuri dari produk jajaran netbook milik Psion - perusahaan pembuat perangkat keras yang berasal dari London yang saat ini sudah tidak lagi dilanjutkan, Proyek satu laptop untuk tiap anak (OLPC), dan Palm Foleo. Ketiganya merupakan perangkat komputer yang berukuran kecil, ringan, dan mampu digunakan untuk mengakses jaringan. Kehadiran netbook mulai dikenal luas pada saat Asus mulai memperkenalkan jajaran produk ASUS Eee PC untuk mengisi kekosongan pasar.

Netbook merupakan salah satu varian dari komputer jinjing yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi wireless dan mengakses internet. Dengan rancangan utama untuk digunakan sebagai perangkat dalam merambah website, dan menulis surat elektronik, netbook sangat bergantung pada keberadaan internet untuk akses jarak jauh terhadap aplikasi berbasis web untuk pengguna yang tidak membutuhkan keberadaan komputer dengan spesifikasi tinggi. Netbook biasanya menggunakan Windows XP atau Linux sebagai basis sistem operasi daripada sistem operasi yang memakan sumber daya komputer yang lebih besar seperti Windows Vista. Ukuran perangkat ini berkisar 4,8 inci hingga lebih dari 13 inci, umumnya memiliki berat antara 2 hingga 3 pon (~1 kg) dan biasanya lebih murah daripada laptop biasa yang umumnya berada dalam kisaran harga USS$400, bahkan beberapa di antaranya ditawarkan dengan harga antara US$50 hingga US$100.

Semoga uraian singkat tentang sejarah awal mula laptop dan netbook bisa menambah wawasan teman-teman semua. Terima kasih dan semoga bermanfaat..

{ 11 komentar... read them below or add one }

Galeri tas dan dompet Royanah mengatakan...

Makin lama makin slim dan cepat

ponsel mengatakan...

Bahkan sudah bisa disambungkan ke handphone untuk internetan.

Ferry DeV Hermansyah mengatakan...

@galeri tas : perkembangan teknologi tidak ada habisnya memang..

Ferry DeV Hermansyah mengatakan...

@Ponsel : ponsel nya yang sudah ada perlengkapan untuk berubah jadi modem pak..

achmad syafiq mengatakan...

terimah kasih tutorialnya,jangan lupa mampir disini motogp http://ww.unsri.ac.id/

achmad syafiq mengatakan...

Terima kasih atas informasinya,jangan lupa mampir di http://www.motogp.unsri.ac.id

Berita Teknologi Terbaru mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Ferry DeV Hermansyah mengatakan...

oks. gan sayang agan kasih link aktif ke komen nya..

ivan verys mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Obat Herbal Gondok mengatakan...

Semakin kedepan , teknologi akan semakin canggih :)

Obat Herbal Kolestrol mengatakan...

Mungkin nantinya , Manusia akan berketergantungan dengan teknologi.

Poskan Komentar

Mohon untuk tidak menyertakan link aktif karena akan langsung di hapus oleh admin blog.. Terima kasih..