Teknologi Android

Diposkan oleh Ferry DeV Hermansyah on Selasa, 05 Agustus 2014

Teknologi Android belakangan ini semakin banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Android sebagai operating system berbagai vendor handphone semakin banyak bermunculan. Meskipun begitu saya ingin berbagi pengetahuan tentang teknologi yang satu ini. 

APA ITU ANDROID ?? 

Android dapat didefinisikan dengan sederhana sebagai sistem operasi handphone anda. Atau kalau merujuk kepada tante wiki Android adalah Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android pertama kali dikembangkan oleh Android Inc., dan kemudian di beli oleh Google Inc. hingga berkembang pesat sampai saat ini. Perkembangan yang pesat itu tidak lepas oleh beberapa pengembang yang tergabung dalam Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. Android pertama kali dirilis pada tanggal 5 November 2007 dan dengan pernyataan bahwa Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler. Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

VERSI ANDROID YANG BEREDAR DI PASARAN SAAT INI

Eclair (2.0 / 2.1)

Versi Android awal yang mulai dipakai oleh banyak smartphone, fitur utama Eclair yaitu perubahan total struktur dan tampilan user interface dan merupakan versi Android yang pertama kali mendukung format HTML5.

Froyo / Frozen Yogurt (2.2)

Android 2.2 dirilis dengan 20 fitur baru, antara lain peningkatan kecepatan, fitur Wi-Fi hotspot tethering dan dukungan terhadap Adobe Flash.

Gingerbread (2.3)

Perubahan utama di versi 2.3 ini termasuk update UI, peningkatan fitur soft keyboard & copy/paste, power management, dan support Near Field Communication.

Honeycomb (3.0, 3.1 dan 3.2)

Merupakan versi Android yang ditujukan untuk gadget / device dengan layar besar seperti Tablet PC; Fitur baru Honeycomb yaitu dukungan terhadap prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration (Tablet pertama yang memakai Honeycomb adalah Motorola Xoom yang dirilis bulan Februari 2011).

Google memutuskan untuk menutup sementara akses ke source code Honeycomb, hal ini dilakukan untuk mencegah vendor pembuat handphone menginstall Honeycomb pada smartphone. Karena di versi sebelumnya banyak perusahaan menginstall Android ke dalam tablet PC, yang menyebabkan user tidak puas dan akhirnya membuat citra Android tidak bagus.

Ice Cream Sandwich (4.0)

Android Ice Cream Sandwich diumumkan pada 10 Mei 2011 di ajang Google I/O Developer Conference (San Francisco) dan resmi dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011 di Hongkong. “Android Ice Cream Sandwich” dapat digunakan baik di smartphone ataupun tablet. Fitur utama Android ICS 4.0 ialah Face Unlock, Android Beam (NFC), perubahan major User Interface, dan ukuran layar standar (native screen) beresolusi 720p (high definition).

Android Jelly Bean (4.1)

Android Jelly Bean lebih menfokuskan fiturnya ke peningkatan User Interface yang lebih lancar dan responsif. Di versi ini juga menandai hadirnya fitur Google Now yang memberikan saran dan rekomendasi berdasarkan data-data yang tersimpan (kontak, kalender, lokasi, dll) di handphone.


Mungkin di lain waktu akan saya bahas satu persatu tentang versi android yang beredar di pasaran saat ini. Karena keterbatasan waktu ngeblog mungkin cukup sekian dulu share dari saya tentang apa itu android? dan  beberapa versi android. Thanks dan semoga bermanfaat..

{ 10 komentar... read them below or add one }

The Geeks mengatakan...

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

Pusat Pengetahuan dan Teknologi mengatakan...

Saya pengguna windows phone, namun android memang lebih bagus dan softwarenya friendly. Kelemahan WP aplikasinya banyak yang berbayar, berbeda dengan android yang serba gratis.

rafael mengatakan...

i now understand sir , thanks.

abah mengatakan...

wuiiiih , nice post , i like it.

Basith mengatakan...

thanks to article sir . very nice post

Indah mengatakan...

nice post sir , i like it.

abah mengatakan...

i like your post sir , thanks .

Benjolan Di Ketiak mengatakan...

i agree with your post sir , good luck

pengobatan herbal benjolan di ketiak

cara membasmi jamur pada tanaman mengatakan...

terimakasih untuk informasinya kawan


soc fermentasi ternak

Obat Tradisional Kanker Leher Rahim mengatakan...

Artikelnya menarik , unik dan enak untuk dibaca , so perfect article .. Good luck

Obat tradisional kanker rahim
Makanan penyebab kanker serviks
Pengobatan alami kanker leher rahim secara tradisional
Gejala kanker serviks stadium awal
Cara mengobati kanker rahim secara alami
Obat tradisional kanker leher rahim

Poskan Komentar

Mohon untuk tidak menyertakan link aktif karena akan langsung di hapus oleh admin blog.. Terima kasih..