Sejarah android dan perkembangannya

Teknologi-mu - Sejarah android, ada update Sejarah android dan perkembangannya (lihat dan baca sampai selesai ya) Karena pesatnya perkembangan teknologi android maka kita harus tahu sejarah dan perkembangan android tentunya. Semakin menjamurnya handphone di Indonesia dewasa ini membuat semua orang menjadi gila teknologi. Bahkan anak SD pun sekarang mulai membawa gadget sebagai teman setianya. Dan dari setiap pasar handphone di Indonesia 95% memakai teknologi android sebagai operating sistemnya.
Sejarah android dan perkembangannya
Sejarah android dan perkembangannya

SEJARAH ANDROID

Android dapat didefinisikan dengan sederhana sebagai sistem operasi handphone anda. Atau kalau merujuk kepada tante wiki Android adalah Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Sejarah android pertama kali dikembangkan oleh Android Inc., dan kemudian di beli oleh Google Inc. hingga berkembang pesat sampai saat ini.

Perkembangan android yang pesat itu tidak lepas oleh beberapa pengembang yang tergabung dalam Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. Android pertama kali dirilis pada tanggal 5 November 2007 dan dengan pernyataan bahwa Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar - benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Baca juga : 

PERKEMBANGAN ANDROID dan VERSI ANDROID

VERSI ANDROID ALPHA
Ada 2 versi android yang di rilis sebelum munculnya android beta. Versi ini diberi nama kode "Astro Boy", "Bender", dan "R2-D2", dinamai berdasarkan nama-nama robot fiksi. Dan Morrill merancang logo Android pertama, namun logo robot hijau yang menjadi maskot Android saat ini dirancang oleh Irina Blok. Ryan Gibson, Manajer proyek Android Inc. memperkenalkan skema penamaan berdasarkan nama-nama penganan manis yang kemudian diterapkan dalam semua versi Android, dimulai dengan Android 1.5 Cupcake pada bulan April 2009.

Android 1.0 (Astro)
Android Astro pertama kali dirilis pada 23 Spetember 2008. Sebenarnya Android versi pertama ini akan dinamai dengan nama “Astro” tapi karena alasan hak cipta dan trademark nama”Astro” tidak jadi disematkan pada versi pertama dari OS Android ini. HTC Dream adalah ponsel pertama yang menggunakan OS ini.

Android 1.1 (Bender)
Pertama kali dirilis pada 9 Februari 2009. Versi Android Bender ini juga mengalami masalah penamaan yang sama dengan versi pertamanya. Pada awalnya Android ini akan diberi nama “Bender” akan tetapi karena alasan melanggar trademark, nama “Bender” tidak jadi disematkan pada versi Android ini. Awalnya versi OS Android ini dirilis untuk perangkat T-Mobile G1 saja. Versi ini merupakan update untuk memperbaiki beberapa bugs, mengganti API dan menambahkan beberapa fitur.

VERSI ANDROID BETA

Pertama kali dirilis pada 5 November 2007, kemudian pada 12 November 2007 Software Development Kit (SDK) dirilis oleh Google. Trademark utama Android Beta adalah menggunakan nama makanan sebagai namanya, berbeda dengan imej yang kita bayangkan jika mendengar nama android karena jika kita mendengar kata android tentu imej pertama yang kita bayangkan adalah nama robot atau yang berhubungan dengan istilah sistem.

Android Cupcake Versi Android 1.5
Android mempunyai alpha dan beta untuk T-mobile’s G1 sebelum di rilis. Android Cupcake adalah nama versi pertama OS android ini. Dari versi pertama ini android menyuguhkan fitur yang menyenangkan. Anda dapat mengupload video ke youtube, atau foto ke picasa dilengkapi widget yang mempermudah anda dalam mengakses sebuah fitur. Android cupcake juga mengaplikasikan keyboard yang menjadikan pengalaman pertama menyenangkan bagi penggunanya. Android cupcake membuat T-mobile G1 menjadi sesuatu yang menarik hingga tahun 2009. Ini hanyalah awal yang sederhana, android mempunyai pekerjaan untuk menjadikan sebuah OS yang lebih canggih.

Android Donut - Versi Android 1.6
Android Donut di rilis pertama kali pada 15 September 2009. Terdapat peningkatan pada fitur pencarian dan UI yang lebih user friendly. Pada versi ini juga sudah mendukung teknologi CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs. Kemudian support layar dengan resolusi WVGA.

Android Eclair - Versi Android 2.0
Dirilis pertama kali pada 9 Desember 2009. Terjadi penambahan fitur untuk pengoptimalan hardware, peningkatan aplikasi Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1. Beberapa versi updatenya antara Android v.2.0 kemudian v2.0.2 dan terakhir v.2.1.

Android Froyo - Versi Android 2.2
Dirilis pertamakali pada 20 Mei 2010 pada smartphone Google Nexus One. Pada versi ini sudah support terhadap Adobe Flash Player 10.1. Peningkatan pada kecepatan membuka dan menutup aplikasi, serta penggunaan SD Card sebagai tempat penyimpanan aplikasi.

Ketika Android Froyo hadir mulai muncul banyak diskusi yang membahas mengenai persaingan antara Android dengan iOS yang akan semakin ketat di masa yang akan datang. Beberapa versi update yang dirilis antara lain Android v.2.2.1 hingga v.2.2.3.

Android Gingerbread - Versi Android 2.3
Android Gingerbread pertama kali diperkenalkan pada 6 Desember 2010. Terjadi banyak peningkatan pada versi Android yang satu ini dibandingkan dengan versi sebelumnya. Dirancang untuk memaksimalkan kemampuan aplikasi dan game. Serta mulai digunakannya Near Field Communication (NFC).

Perbaikan terhadap dukungan layar resolusi WXGA dan diatasnya. Beberapa versi update yang dirilis antara lain v.2.3.3 hingga v.2.3.7. Sampai saat ini Android Gingerbread merupakan versi Android yang memiliki pengguna terbanyak dibandingkan dengan seri Android lainnya, yaitu mencapai 65% dari seluruh versi Android yang dirilis.

Android Honeycomb - Versi Android 3.0
Merupakan versi Android yang ditujukan untuk gadget / device dengan layar besar seperti Tablet PC; Fitur baru Honeycomb yaitu dukungan terhadap prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration (Tablet pertama yang memakai Honeycomb adalah Motorola Xoom yang dirilis bulan Februari 2011).

Google memutuskan untuk menutup sementara akses ke source code Honeycomb, hal ini dilakukan untuk mencegah vendor pembuat handphone menginstall Honeycomb pada smartphone. Karena di versi sebelumnya banyak perusahaan menginstall Android ke dalam tablet PC, yang menyebabkan user tidak puas dan akhirnya membuat citra Android tidak bagus.

Android Ice Cream Sandwich - Versi Android 4.0
Android Ice Cream Sandwich diumumkan pada 10 Mei 2011 di ajang Google Developer Conference (San Francisco) dan resmi dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011 di Hongkong. “Android Ice Cream Sandwich” dapat digunakan baik di smartphone ataupun tablet. Fitur utama Android ICS 4.0 ialah Face Unlock, Android Beam (NFC), perubahan major User Interface, dan ukuran layar standar (native screen) beresolusi 720p (high definition). Smartphone pertama yang menggunakan OS android versi ICS ini adalah Samsung Galaxy Nexus. Kelebihan Android versi ini ialah mendukung atau support update android versi lama ke versi android ICS

Android Jellybean - Versi Android 4.1
Android Jelly Bean yaang diluncurkan pada acara Google Developer Conference lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Tak ketinggalan Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7.

Android versi 4.2
Update versi andoid ini mendukung fitur photo sphere untuk panaroma, daydream sebagai screensaver, power control, lock screen widget, menjalankan banyak user (dalam tablet saja), widget terbaru. Android 4.2 Pertama kali dikenalkan melalui LG Google Nexus 4

Android versi 4.3
Merupakan pembaharuan dari android jelly bean sebelumnya dimana rilis ada pada 24 Juli 2013 di San Francisco. Nexus 7 generasi 2 adalah Smartphone pertama yang menggunakan OS tersebut.

Android Kitkat - Versi Android 4.4
Setahun lebih sampai Android merilis versi berikutnya (meskipun Jellybean itu terus ditingkatkan hingga musim panas 2013) dan meluncurkan KitKat pembaruan dengan Nexus 5 pada Halloween tahun 2013 . Android 4.4 KitKat rilis pada tanggal 3 September 2013.

Meskipun pada awalnya di beri nama “Key Lime Pie” (“KLP”), nama itu berubah karena “sangat sedikit orang benar-benar tahu rasa key lime pie.” Beberapa blogger teknologi juga mengharapkan rilis “Key Lime Pie” menjadi Android 5. Android KitKat memulai debutnya pada Google Nexus 5 pada tanggal 31 Oktober 2013, dan dioptimalkan untuk berjalan pada rentang yang lebih besar dari perangkat dari versi Android sebelumnya, memiliki 512 MB RAM sebagai minimum yang disarankan.

Android Lollipop - Versi Android 5.0
Android Lollipop adalah versi stabil terbaru dengan versi antara 5.0 dan 5.1. Diresmikan pada 25 Juni 2014 saat Google I / O, dan tersedia secara resmi melalui over-the-air (OTA) update pada tanggal 12 November 2014, untuk memilih perangkat yang menjalankan distribusi Android dilayani oleh Google (seperti perangkat Nexus dan Google Play edition).

Salah satu perubahan yang paling menonjol dalam rilis Lollipop adalah user interface yang didesain ulang dan dibangun dengan yang dalam bahasa desain disebut sebagai “material design”. Perubahan lain termasuk perbaikan pemberitahuan, yang dapat diakses dari lockscreen dan ditampilkan pada banner di bagian atas screen.

Google juga membuat perubahan internal untuk platform, dengan Android Runtime (ART) secara resmi menggantikan Dalvik untuk meningkatkan kinerja aplikasi, dan dengan perubahan yang ditujukan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan penggunaan baterai, yang dikenal secara internal sebagai Project Volta.

Android Marshmallow - Versi Android 6.0
Android versi ini (marshmallow) dinilai tidak banyak perubahaan dari Android sebelumnya, tapi meskipun begitu sedikit perubahan yang ada di Android Marshmellow tampak mengagumkan, termasuk cara baru menangani izin aplikasi, dukungan sensor sidik jari baru dan ditingkatkan Google Now, dan legal certificate. Juga memperpanjang waktu penggunaan baterai Google dengan Doze dan bundling di Sensor Android Hub di smartphone terbaru Nexus, yang berarti Anda akan mendapat daya tahan baterai seharian tanpa perlu mengeluarkan kabel pengisian.

Andriod Nougat - Android Versi 7.0
Nougat adalah versi Android termutakhir yang baru diperkenalkan pada ajang kumpul developer Google I/O, pertengahan 2016 ini. Beberapa lama setelahnya, Google menghadirkan Nougat secara resmi untuk publik. Pembaruan paling mendasar pada versi Nougat adalah kehadiran Google Assistant yang menggantikan Google Now. Asisten digital tersebut lebih bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai fungsi.

Fitur-fitur baru lainnya mencakup layar split-screen saat dipakai multitasking, serta fitur Doze yang telah dikenalkan di versi Android Marshmallow namun telah ditingkatkan. Android Nougat juga memiliki dukungan terhadap platform virtual reality terbaru Google.

Android Oreo - Android Versi 8.0
Android Oreo adalah versi kedelapan dari sistem operasi Android mobile. Android Oreo pertama kali dirilis dalam tahap pratinjau pengembang pada tanggal 21 Maret 2017. Pratinjau pengembang kedua dirilis pada 17 Mei 2017, dan ini dianggap sebagai kualitas beta dan preview pengembang ketiga dirilis pada tanggal 8 Juni 2017 dan menyelesaikan API. Pada 24 Juli 2017, pratinjau pengembang keempat dirilis yang mencakup perilaku sistem akhir dan perbaikan bug dan pengoptimalan terbaru.

Setelah melewati keempat tahapan pratinjau pengembang, Android Oreo resmi dirilis ke publik pada tanggal 21 Agustus 2017. Memang Belum semua pengguna bisa menjajal Oreo, tapi jajaran perangkat Android dipastikan akan mendapatkan pembaruan ke OS tersebut pada tahun ini.

Android Oreo memiliki beberapa kelebihan dan kecanggihan dibandingkan dengan generasi sebelumnya, seperti Picture in picture yaitu bisa melakukan video call saat menonton video, pembaharuan system keamaan yang lebih canggih, tampilan menu setting yang lebih simple, pengaturan baterai lebih terperinci sehingga memungkinkan kita untuk lebih hemat baterai, dan masih banyak lagi.

Android Pie - Android Versi 9.0
Pertama kali dikenalkan Google pada tanggal 7 Maret 2018 dan masih dalam tahapan pratinjau pertama. Tahapan Pratinjau kedua dirilis pada tanggal 8 Mei 2018 dan masih dalam kualitas BETA. Tahap pratinjau ketiga dirilis 6 Juni 2018 dan dikenal juga dengan kualitas BETA 2. Tahap Pratinjau keempat disebut juga kualitas BETA 3 dirilis tanggal 2 Juli 2018 dan Tahap BETA akhir Android Pie dirilis 25 Juli 2018.

Secara resmi Android versi 9.0 dirilis ke publik pada tanggal 6 Agustus 2018 dengan nama Android Pie. Gadget pertama yang “menikah” dengan Android Pie adalah Sony Xperia XZ3. Android Pie mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan android versi sebelumnya. Beberapa fitur Android Pie adalah Edit screenshot, Digital Wellbeing, Lockdown, navigasi berbasis gesture, Adaptive battery dan Kunci Rotasi.

Baca Juga :
Materi peran teknologi dalam interaksi antarruang  di negara asean
Materi teknologi layanan jaringan

Handphonemu memakai operating system android versi berapa? Tulis di kolom komentar ya? Mohon share lewat tombol di bawah ini jika artikel Sejarah Android dan perkembangannya ini bermanfaat, terima kasih..

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Sejarah android dan perkembangannya"

  1. Saya pengguna windows phone, namun android memang lebih bagus dan softwarenya friendly. Kelemahan WP aplikasinya banyak yang berbayar, berbeda dengan android yang serba gratis.

    BalasHapus

Mohon untuk tidak menyertakan link aktif karena akan langsung di hapus oleh admin blog.. Terima kasih..