Sejarah teknologi dan klasifikasinya

Sejarah teknologi dan klasifikasinya
Sejarah teknologi dan klasifikasinya

Sejarah teknologi sangatlah panjang. Jika dibahas secara rinci dan detail mungkin topik bahasan sejarah teknologi bisa sampai satu buku. Banyak penemuan sejarah teknologi dari masa pra-sejarah yang menjadi bukti betapa pentingnya teknologi untuk kehidupan manusia. Dari yang sekedar teknologi sederhana seperti penggunaan pecahan batu menjadi pisau, hingga sekarang ada teknologi modern seperti penggunaan jaringan internet ini.

Arti teknologi atau definisi teknologi

Definisi dari teknologi sangatlah banyak tapi saya akan merujuk ke wikipedia indonesia saja agar mudah di mengerti oleh semua orang. Teknologi berarti teknik hasil penemuan manusia yang pada akhirnya dapat digunakan untuk memudahkan aktifitas manusia itu sendiri. Dalam kehidupan kita sehari hari bisa kita temui berbagai macam teknologi yang biasa kita gunakan.

Dan definisi atau arti Teknologi dalam artian paling luas adalah sebagai entitas, benda maupun gaya, yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai. Dalam penggunaan ini, teknologi merujuk pada alat dan mesin yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah di dunia nyata.

Dalam sejarahnya teknologi berkembang secara evolutif. Dari jaman kuno seperti di temukan nya roda yang mana bisa memudahkan manusia dalam memindahkan barang atau muatan juga di sebut sebagai teknologi awal. Hingga di temukan nya teknologi metode baru yang mana memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Untuk metode baru mungkin sebagian besar dari manusia sudah merupakan kebutuhan hidup. Seperti Jaringan internet, Jaringan telepon dan masih banyak lagi.

3 klasifikasi dasar teknologi berdasarkan kemajuannya 

1. Kemajuan teknologi yang bersifat netral (bahasa Inggris nya : neutral technological progress)

Terjadi bila tingkat pengeluaran (output) lebih tinggi dicapai dengan kuantitas dan kombinasi faktor-faktor pemasukan (input) yang sama.

2. Kemajuan teknologi yang hemat tenaga kerja (bahasa Inggris nya: labor-saving technological progress)

Kemajuan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas banyak ditandai oleh meningkatnya secara cepat teknologi yang hemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu mulai dari kacang-kacangan sampai sepeda hingga jembatan.

3. Kemajuan teknologi yang hemat modal (bahasa Inggris nya: capital-saving technological progress)

Fenomena yang relatif langka. Hal ini terutama disebabkan karena hampir semua riset teknologi dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang lebih ditujukan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modalnya.

Teknologi pun tak sepenuhnya berdampak positif dalam kehidupan manusia. Konsekuensi perkembangan teknologi dengan lingkungan alam selalu berbanding terbalik. Semakin teknologi berkembang pesat maka semakin mundur atau rusak lingkungan alam kita. Sebagai contoh adalah dengan banyak nya teknologi industri pabrik yang ada di sekitar kita maka lingkungan alam kita semakin mengecil dan rusak oleh limbah-limbah industri oleh pabrik tersebut. Dengan adanya sabun mandi, sabun cuci juga akan mengakibatkan rusaknya air sungai karena pencemaran dari limbah rumah tangga kita. 

Tetapi ada juga teknologi yang di ciptakan untuk membantu perkembangan alam atau lingkungan. Contoh nya seperti teknologi pembuatan pupuk dan teknologi pembuatan bibit unggul suatu tanaman. Tapi meskipun begitu tetap berbeda antara yang alami dan yang sudah tercampur teknologi (saya pribadi memilih yang alami saja hehehe..).

Untuk menyikapi kemajuan teknologi dibutuhkan perhatian dan kesadaran yang besar oleh kita sendiri sebagai pelaku dalam penerapan teknologi untuk kehidupan sehari-hari. Bukan bermaksud untuk menggurui tapi hanya bermaksud menghimbau demi kelestarian lingkungan. Jika bukan kita yang menjaga lalu siapa lagi ?

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Sejarah teknologi dan klasifikasinya"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Sangat lengkap sekali ulasan Anda tentang apa itu teknologi ini. Thanks!

    BalasHapus
  3. Blogging is the new poetry. I find it wonderful and amazing in many ways.

    BalasHapus

Mohon untuk tidak menyertakan link aktif karena akan langsung di hapus oleh admin blog.. Terima kasih..